Pendahuluan
Terms of Service and Acceptable Use Policies (“Terms of Service”) merupakan hal utama dalam hubungan Anda dengan Infinet Networks. Dengan menggunakan layanan Infinet Networks atau mitra Infinet Networks, Anda setuju terhadap seluruh Syarat dan Kebijakan Layanan (Terms of Service) yang tertera pada dokumen ini.
Layanan disediakan untuk perorangan atau organisasi resmi (dalam dokumen ini disebutkan sebagai “Pelanggan, Subscriber, Mitra atau Anda). Dengan menggunakan Layanan Infinet Networks, Anda setuju untuk mematuhi seluruh Terms of Service. Jika Anda tidak setuju untuk mematuhi Terms of Service, Anda diharuskan untuk membatalkan layanan Anda secepatnya dan tidak diperkenankan menggunakan atau mencoba menggunakan Layanan Infinet Networks.
Pengguna dan Pelanggan Layanan yang disediakan oleh Infinet Networks harus menerima Syarat dan Kebijakan Layanan (Terms of Service) yang ditetapkan di bawah ini:
A. Layanan-layanan
- Layanan Internet Infinet Networks merupakan layanan Broadband Internet, Server, dan jasa lainnya yang disediakan oleh Infinet Networks, yang di salurkan menggunakan jaringan Infinet Networks atau partner Infinet Networks.
- Pelanggan mengetahui bahwa Layanan TV Infinet Networks disediakan oleh pihak ketiga dan bukan merupakan tanggung jawab Infinet Networks
- Fitur dan Jumlah channel yang diberikan kepada Pelanggan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Layanan TV di salurkan ke Pelanggan dengan menggunakan jaringan Infinet Networks.
- Layanan TV memerlukan perangkat tambahan berupa Set Top Box dengan biaya sewa perangkat yang ditetapkan oleh Infinet Networks.
- Ketentuan terkait layanan yang belum disebutkan dalam kontrak ini, dijelaskan secara terpisah dan tetap mengikat.
- Pelanggan memahami bahwa seluruh biaya-biaya terkait Layanan tambahan yang disediakan oleh Partner (baik pekerjaan Instalasi, relokasi, penambahan fitur maupun tarif), maka biaya-biaya tersebut ditetapkan secara langsung oleh Partner dengan mengisi Formulir berlangganan yang diterbitkan khusus oleh partner Infinet Networks.
- Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan oleh Partner kepada Pelanggan bersifat mengikat, meskipun terpisah dari Syarat dan Ketentuan yang ditentutkan oleh Infinet Networks.
B. Permohonan Berlangganan
- Proses Permohonan berlangganan berlaku bagi calon Pelanggan baru atau Pelanggan Eksisting yang ingin merubah layanan atau merubah lokasi instalasi Alamat Pelanggan (Relokasi yang masih didalam area coverage Infinet Networks) dengan biaya yang besarnya ditentukan oleh Infinet Networks.
- Calon Pelanggan wajib mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh Infinet Networks dengan disertai salinan (fotocopy/Scan) identitas diri yang sah, berlaku, diakui, dan dapat diterima oleh Infinet Networks.
- Calon Pelanggan bertanggungjawab penuh terhadap kebenaran dari seluruh data dan informasi yang disampaikan di dalam formulir pendaftaran Infinet Networks, dan sepakat untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan Layanan. Setiap perubahan terhadap informasi yang telah diberikan wajib disampaikan kepada Infinet Networks selama berlangganan Layanan Infinet Networks.
- Syarat dan Ketentuan ini berlaku efektif setelah Pelanggan melakukan submit formulir registrasi online dan/atau saat pegawai Infinet Networks melakukan pengisian formulir registrasi atas persetujuan Pelanggan yang disertai dengan tandatangan serta persyaratan administrasi lainnya.
- Infinet Networks berhak secara sepihak menolak permohonan calon Pelanggan.
- Setelah melakukan registrasi, Pelanggan wajib melakukan pembayaran sesuai tagihan. Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM, transfer dan merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Infinet Networks.
- Apabila secara teknis, Infinet Networks menyatakan tidak dapat menyalurkan layanan kepada Pelanggan, maka seluruh biaya yang telah dibayarkan oleh Pelanggan akan ditransfer kembali ke Rekening Pelanggan (Refund), dengan jangka waktu selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja setelah Infinet Networks menerbitkan Pernyataan bahwa Layanan tidak dapat disalurkan ke Pelangggan. Biaya administrasi yang timbul dalam proses pengembalian ini menjadi tanggung jawab Infinet Networks.
- Apabila permohonan pembatalan berlangganan diajukan oleh Pelanggan, maka Biaya berlangganan yang telah dibayarkan oleh Pelanggan tidak dapat dikembalikan, atau dianggap hangus.
C. Proses Pemasangan / Instalasi
- Untuk permintaan pemasangan, baru akan dipenuhi apabila Pelanggan telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan Infinet Networks, termasuk persyaratan teknis.
- Pemasangan perangkat di Alamat Pelanggan ditetapkan waktunya oleh Infinet Networks dengan persetujuan Pelanggan dan Pelanggan wajib berada di lokasi dalam jangka waktu yang telah disepakati bersama. Khusus pemasangan yang berlokasi di Cluster Perumahan/Apartemen/Wisma/Gedung yang memerlukan ijin tambahan, Pelanggan wajib menginformasikan dan atau mendapatkan izin pelaksanaan instalasi dari pemilik/pengelola Alamat Pelanggan tentang kegiatan pemasangan perangkat tersebut. Biaya perijinan di lokasi tersebut menjadi beban Pelanggan.
- Permintaan perubahan Jadwal Instalasi hanya dapat dilakukan maksimal 24 Jam sebelum jadwal instalasi yang telah disepakati sebelumnya.
- Pembatalan permintaan instalasi, akan dikenakan Biaya Pembatalan Dini (Early Cancelation Fee) apabila Infinet Networks menerima informasi permintaan pembatalan Instalasi, kurang dari 24 jam sebelum jadwal yang sudah disepakati sebelumnya.
- Infinet Networks akan menginformasikan kepada Pelanggan tentang seluruh tindakan/proses kegiatan dalam rangka pemasangan perangkat di lokasi Pelanggan, termasuk akibat yang ditimbulkannya dan Pelanggan wajib memberi ijin kepada Infinet Networks dan/atau pihak lain yang ditunjuk secara resmi oleh Infinet Networks.
- Pelanggan membebaskan Infinet Networks /pihak yang ditunjuk secara resmi oleh Infinet Networks dari segala gugatan/tuntutan pihak manapun juga atas segala kemungkinan yang timbul akibat dari pemasangan perangkat tersebut.
- Pelanggan menyadari dan mengakui sepenuhnya bahwa seluruh peralatan dalam rangka penyambungan layanan Infinet Networks (Termination Box, Optical Network Terminal (ONT), Set Top Box, Remote Control, dan perangkat pendukung lainnya) yang terdapat di lokasi Pelanggan adalah milik Infinet Networks dan wajib dikembalikan setelah Pelanggan berhenti berlangganan.
- Peralatan yang disiapkan secara mandiri oleh Pelanggan adalah menjadi tanggung jawab penuh dari Pelanggan. Untuk itu Pelanggan menerima, mengakui dan menyetujui bahwa peralatannya tersebut dapat secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap kualitas Layanan Infinet Networks yang disalurkan melalui jaringan Infinet Networks.
- Pelanggan wajib menjaga dan memelihara seluruh peralatan milik Infinet Networks yang berada di lokasi Pelanggan.
- Pelanggan wajib membaca, mengetahui dan menandatangani berita acara penyerahan perangkat di lokasi dari Infinet Networks dan atau pihak lain yang ditunjuk secara resmi oleh Infinet Networks kepada Pelanggan.
D. Pengakhiran Kontrak Berlangganan
- Infinet Networks secara sepihak dapat mengakhiri kontrak berlangganan karena Pelanggan melanggar ketentuan kontrak berlangganan atau karena Infinet Networks tidak mampu lagi menjadi penyelenggara layanan Infinet Networks diwilayah/ lokasi Pelanggan.
- Pelanggan dapat mengakhiri kontrak berlangganan secara sepihak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Infinet Networks.
- Infinet Networks dan Pelanggan sepakat untuk mengesampingkan berlakunya ketentuan pasal 1266 dan 1267 KUH Perdata, sehingga pembatalan atau pemutusan kontrak berlangganan dapat dilakukan oleh salah satu pihak jika terjadi wanprestasi, dan dinyatakan sah tanpa menunggu keputusan hakim.
E. Pemutusan Layanan
- Apabila Pelanggan tidak membayar/menunggak pembayaran hingga batas waktu yang ditentukan dalam tagihan, maka Infinet Networks berhak secara sepihak menghentikan atau memutuskan jasa atau layanan kepada Pelanggan dan menarik kembali perangkat Infinet Networks yang berada di lokasi pemasangan Pelanggan (khusus bagi yang menggunakan fasilitas pinjam perangkat).
- Jika Pelanggan berkehendak untuk tidak memperpanjang masa berlangganan, Pelanggan wajib memberitahukan kepada Infinet Networks dengan cara mendatangi langsung Kantor Layanan Infinet Networks selambat-lambatnya 7 hari kerja sebelum tanggal jatuh tempo, dan Pelanggan wajib menandatangani Formulir Pemutusan Berlangganan, dan melunasi seluruh tagihan yang masih timbul, Pemberitahuan melalui email maupun telepon tidak dianggap sebagai syarat sah nya pemintaan pemutusan berlangganan, yang berakibat Pelanggan dianggap tetap melanjutkan berlangganan dan wajib membayar tagihan yang timbul.
- Apabila masa berlangganan berakhir karena sebab ataupun tidak diperpanjang lagi, maka Pelanggan wajib menyerahkan kembali seluruh peralatan milik Infinet Networks yang terdapat di rumah Pelanggan kepada Infinet Networks dalam keadaan baik, tidak rusak, dan masih layak dipakai pada saat pemutusan. Dalam hal Pelanggan berkehendak mengakhiri dan/atau tidak diperpanjang lagi, maka biaya berlangganan yang sudah dibayar di muka tidak dapat ditarik kembali.
- Pelanggan wajib memberitahukan secara tertulis (email) kepada Customer Service Infinet Networks bila akan pindah ke lokasi lain selambat-lambatnya 14 hari sebelum kepindahan dan/atau peralihan lokasi tersebut dilakukan.
- Infinet Networks tidak bertanggung jawab dan Pelanggan setuju untuk membebaskan Infinet Networks terhadap kondisi “Force Majeure” atau kondisi di luar kehendak/kemampuan Infinet Networks termasuk tapi tidak terbatas pada saluran yang hilang karena gangguan pada satelit, penggantian/perubahan dalam kebijakan/peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia, unjuk rasa, perang, gempa bumi, banjir, petir, kebakaran, dan lain-lain yang mungkin terjadi selama masa berlangganan yang berada di luar jangkauan kemampuan manusia pada umumnya, termasuk Infinet Networks, sehingga Infinet Networks tidak berkewajiban untuk memberikan ganti rugi dalam bentuk apapun kepada Pelanggan, termasuk tidak berkewajiban pada penyesuaian biaya berlangganan.
- Bagi Pelanggan yang telah dilakukan pemutusannya oleh Infinet Networks, baik atas permintaan Pelanggan sendiri maupun disebabkan oleh keterlambatan pembayaran, pihak Infinet Networks dan atau pihak lain yang secara resmi ditunjuk Infinet Networks untuk sewaktu-waktu dapat mengadakan pemeriksaan langsung ke lokasi Pelanggan yang diduga masih menikmati layanan Infinet Networks. Untuk itu, pelaksanaan pemeriksaan ini, Infinet Networks akan tetap berpegang pada hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan jika diperlukan akan bekerja sama dengan jajaran penegak hukum dan instansi pemerintah yang berwenang.
- Pemutusan layanan Infinet Networks ini sesuai dengan ketentuan poin 6 di atas tidaklah berarti menghapus kewajiban Pelanggan untuk melunasi seluruh kewajiban yang tertunggak.
F. Pembayaran Tagihan (Billing)
- Pelanggan wajib membayar biaya berlangganan selambat-lambatnya pada tanggal jatuh tempo pembayaran yang ada pada tagihan setiap bulannya.
- Sistem pembayaran berlangganan Infinet Networks adalah pembayaran di muka.
- Pembayaran tagihan dapat dilakukan secara langsung di Kantor Pelayanan Infinet Networks, melalui transfer bank, ataupun melalui Payment Channel yang sudah bekerja sama dengan Infinet Networks, Infinet Networks tidak pernah menerapkan peraturan pembayaran layanan melalui Salesperson.
- Untuk pembayaran pertama yang sudah diterima tetapi layanan Infinet Networks tidak dapat diberikan karena masalah teknis dalam kurun waktu maksimal 30 hari sejak tanggal instalasi, dan Pelanggan memutuskan untuk membatalkan berlangganan Layanan Infinet Networks, maka biaya yang sudah dibayarkan akan dikembalikan selambat-lambatnya 14 hari kerja terhitung dari tanggal pemberitahuan kepada Pelanggan dan langganan dibatalkan.
G. Penagihan (Collection)
- Infinet Networks akan melakukan penagihan atas pemakaian Layanan kepada Pelanggan setiap bulan dan wajib dibayarkan oleh Pelanggan selambat-lambatnya pada tanggal jatuh tempo yang disebutkan pada tagihan.
- Apabila Pelanggan tidak menerima tagihan yang seharusnya telah diterima, maka Pelanggan harus segera menanyakannya kepada Customer Service Infinet Networks. Pelanggan tetap berkewajiban untuk memenuhi pembayaran selambat-lambatnya pada tanggal jatuh tempo walaupun tidak/belum menerima tagihan yang dimaksud.
- Setiap keberatan terhadap tagihan tidak mengesampingkan kewajiban Pelanggan untuk melakukan pembayaran pada saat jatuh tempo dan keberatan-keberatan atas tagihan hanya dilayani oleh Infinet Networks sampai dengan 2 (dua) bulan setelah tanggal proses tagihan.
- Tagihan Infinet Networks memuat biaya yang terdiri dari :
(a).Biaya Layanan Internet, Biaya Layanan TV dan sewa Set Top Box jika ada, serta biaya Layanan Lain-lain yang belum disebutkan, jika ada.
(b).Biaya lainnya seperti pajak, biaya administrasi, materai, tagihan tunggakan, biaya relokasi dan denda karena tunggakan, dll.
(c).Biaya Tagihan yang ditagihkan langsung oleh Partner kepada Pelanggan, tidak dicantumkan pada lembar penagihan Infinet Networks.
- Pembayaran Layanan Infinet Networks ditagihkan dalam satu invoice (single invoice), sehingga pembayaran tagihan Infinet Networks menjadi satu kesatuan, tidak dapat dibayarkan secara parsial/sebagian layanan Infinet Networks, kecuali ditentukan lain oleh Partner.
- Informasi mengenai besaran tagihan layanan Infinet Networks dapat diperoleh oleh Pelanggan dengan cara e-Billing ataupun berlangganan Surat Billing Statement, yang nantinya akan dikirimkan hardcopy nya ke alamat yang diinginkan Pelanggan, dengan dikenakan biaya tambahan yang ditentukan oleh Infinet Networks.
- Kesalahan tagih akibat dari akses/pemakaian jasa layanan Infinet Networks yang disediakan oleh Partner, bukan merupakan tanggung jawab Infinet Networks.
H. Pelayanan (Customer Service)
- Pelanggan berhak memperoleh dukungan teknis dan/atau non-teknis dari Infinet Networks yang dapat dihubungi 24 x 7 terkait dengan Layanan melalui email: cs@infinetworks.id dan WhatsApp: klik di sini
- Layanan diberikan tanpa jaminan tertentu, tanpa jaminan gangguan Layanan dan tanpa jaminan ketersedian Layanan dimana Layanan dapat diakses secara bersamaan oleh semua Pelanggan tanpa pengaturan, alokasi dan/atau prioritas tertentu terkecuali disebutkan secara tertulis didalam kontrak berlangganan.
- Pelanggan berhak untuk mendapatkan layanan perbaikan ke lokasi Pelanggan. Tindakan perbaikan ini dapat dikenakan biaya tambahan sesuai ketentuan yang berlaku.
- Infinet Networks akan selalu memberikan informasi terbarunya melalui salah satu salurannya, website, teks berjalan (scrolling text), atau pada media-media lainnya.
- Infinet Networks berhak sewaktu-waktu mengurangi, menambah atau mengubah layanannya dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu melalui pengumuman di salah satu saluran Infinet Networks, website, dan teks berjalan (scrolling text), atau pada media-media lainnya, termasuk juga perubahan yang dilakukan pihak ketiga / Partner.
I. Batasan Penggunaan Layanan Infinet Networks
- Pelanggan dilarang untuk :
(a) melakukan sendiri atau dengan bantuan pihak lain selain pihak yang ditunjuk oleh Infinet Networks untuk melakukan pemindahan atau perubahan, berupa apapun terhadap jaringan layanan Infinet Networks.
(b) Mengenakan biaya kepada orang lain untuk menikmati layanan Infinet Networks tanpa seizin Infinet Networks maupun perjainjian lainnya.
(c) Memberikan atau menayangkan ulang atau mendistribusikan atau memperluas sendiri layanan Infinet Networks dengan cara apapun kepada pihak lain tanpa seizin Infinet Networks maupun perjainjian lainnya.
(d) Memperbanyak dan/atau menggandakan dalam bentuk apapun semua layanan Infinet Networks.
(e) Menggunakan segala bentuk layanan (logo, trademark) untuk kepentingan pribadi dan/atau pihak lain manapun.
(f) Memberikan kesempatan kepada pihak ketiga untuk memanfaatkan fasilitas jaringan Infinet Networks yang tidak sebagaimana mestinya tanpa ijin tertulis sebelumnya dari Infinet Networks.
- Pelanggan menerima dan menyetujui bahwa seluruh fasilitas layanan Infinet Networks harus digunakan untuk tujuan yang sesuai dengan norma-norma, adat-istiadat, kebiasaan serta hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
J. Batasan Tanggung Jawab
- Infinet Networks dibebaskan dari kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan Berlangganan apabila terjadi Force Majeure.
- Infinet Networks tidak bertanggung jawab terhadap materi siaran yang dikarenakan seluruh materi siaran tersebut berasal dari pihak ketiga dan Infinet Networks hanya menyiarkan kembali. Apabila ada materi siaran yang bertentangan dengan hukum, norma, kesusilaan, kesopanan, adat-istiadat, agama, dan lain-lain, maka Infinet Networks tidak dapat diminta pertanggungjawabannya dan karenanya Pelanggan membebaskan Infinet Networks dari setiap tuntutan, gugatan hukum terhadap materi siaran tersebut.
- Infinet Networks tidak bertanggung jawab atas isi berita dan/atau informasi dan/atau data yang dimiliki Pelanggan dan/atau kehilangan data yang dikirim/diterima oleh Pelanggan kepada/dari pihak lain melalui jaringan telekomunikasi milik Infinet Networks. Oleh karenanya, dengan ini Pelanggan membebaskan Infinet Networks dari segala gugatan/tuntutan dari pihak manapun juga.
K. Sanksi-Sanksi
- Apabila terdapat kerusakan yang disebabkan kesalahan/kelalaian Pelanggan dengan indikasi kerusakan yang disebabkan oleh pecah, penyok, segel terbuka, tutup terbuka, terindikasi terkena bahan kimia asam/basa, terindikasi oksidasi yg disebabkan oleh air ataupun kehilangan peralatan milik Infinet Networks serta kejadian Force Majeure, maka biaya-biaya yang akan timbul sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pelanggan.
- Layanan Infinet Networks akan diisolir jika sampai dengan H+3 (H = Tanggal Jatuh Tempo) tidak melakukan pembayaran. Maksimum masa isolir (pembayaran tunggakan) adalah selama 1 minggu.
- Layanan Infinet Networks akan diputus/dicabut sama sekali, jika sampai dengan H+7 terjadi penunggakan pembayaran (1 minggu tunggakan) dan melakukan penarikan perangkat milik Infinet Networks.
- Pengenaan sanksi berdasarkan ketentuan kontrak berlangganan tidak mengurangi kewajiban Pelanggan (Eks Pelanggan), ahli waris atau penggantinya untuk melunasi seluruh tagihan/tunggakan layanan Infinet Networks termasuk dendanya kepada Infinet Networks.
- Pelanggan akan dikenakan biaya penarikan & Jaminan perangkat sebesar IDR 500.000,- apabila berhenti berlangganan sebelum masa kontrak (paket berlangganan) berakhir atau selesai.
- Pelanggan dengan ini memahami, mengetahui dan menyatakan bahwa ketentuan dalam kontrak berlangganan merupakan pemberitahuan/informasi tentang kemungkinan dikenakannya sanksi tersebut, oleh karena itu tidak ada kewajiban bagi Infinet Networks untuk memberitahukan lebih dahulu kepada Pelanggan atas pengenaan sanksi dimaksud.
L. Penyelesaian Perselisihan
- Perselisihan yang menyangkut pelaksanaan dan/atau penafsiran atas kontrak berlangganan diselesaikan bersama oleh Infinet Networks dan Pelanggan secara musyawarah.
- Apabila penyelesaian secara musyawarah berdasarkan ketentuan dalam kontrak berlangganan tidak tercapai maka Infinet Networks dan Pelanggan sepakat menyerahkan penyelesaiannya kepada Pengadilan Negeri (PN) / Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dengan domisili hukum dilokasi kantor Infinet Networks setempat.
- Apabila oleh suatu sebab terdapat sebagian dari ketentuan dalam kontrak berlangganan dibatalkan oleh Hakim atau menjadi batal demi hukum maka ketentuan tersebut tidak membatalkan atau mempengaruhi ketentuan selebihnya.
M. Biaya-Biaya
- Biaya instalasi sebesar IDR 75.000,- (berlaku juga untuk biaya pemindahan ke alamat yang berbeda)
- Biaya Jasa Perubahan Layanan yang memerlukan kunjungan atau tambahan perangkat di lokasi Pelanggan sebesar IDR 150.000,-
- Biaya Relokasi (Dalam Alamat yang sama) akan dikenakan biaya sesuai material yang akan dipasang, serta biaya jasa relokasi sebesar IDR 50.000,-
- Biaya pembatalan instalasi (Early Cancellation Fee) sebesar IDR 75.000,-
- Kelebihan Cable Ethernet dikenakan biaya sebesar IDR 6.000,-/ meter.
- Kelebihan Cable Dropwire/FO dikenakan biaya sebesar IDR 6.600,-/meter.
- Penggantian Cable HDMI dikenakan biaya sebesar IDR 100.000,-/unit.
- Kerusakan Optical Network Terminal (ONT), dikenakan biaya IDR 1.000.000,-/unit.
- Kerusakan dan/atau hilangnya Set Top Box, dikenakan biaya sebesar IDR 600.000,-/unit.
- Kerusakan dan/atau hilangnya Remote Control, dikenakan biaya sebesar IDR 100.000,-/unit.
- Kerusakan dan/atau hilangnya Power Adapter, dikenakan biaya sebesar IDR 40.000,-/unit.
Harga-harga sebagaimana telah disebutkan di atas belum termasuk PPN 11%, dan harga-harga tersebut sewaktu-waktu dapat berubah dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pelanggan.